Rabu, 22 Juni 2016

Sejarah Nabi Muhammad SAW



                                                            BAB II
                        SUNNAH PERJANGAN NABI MUHAMMAD SAW
A.MASA KANAK-KANAK  NABI MUHAMMAD SAW.
1. Nasab Keturunannya                                
            Dia adalah Muhammad bin Abdulah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushay  bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin  Luay bin Ghalib bin Fihr (Quraisy) bin Malik ibnul –Nadhr bin Kinanah,salah seorang anak Nazar  bin Ma’ad bin Adnan.Mereka adalah anak cucu Nabi Ismail bin Ibrahim as.sedangkan ibunya adalah Aminah bin Wahb al-Zuhriyyah al-Qurasyiyyah.
2.Kelahirannya Nabi Muhammad Saw
            Dia dilahirkan di Mekah pada tahun Gajah pada tahun 570 M/52 sebelum H.Tahun ini bersamaan dengan usaha Abrahah,penguasa Yaman,untuk menghancurkan Ka’bah.Namun ,Allah membinasakan dia dengan burung ababil yang melempari mereka dengan batu sijjil.
            Pada saat ayahnya meninggal dunia beliou masih berupa janin yang belum lahir kedunia.Setelah lahir kakenya Abdul Mutthalib memberikan nama Muhammad.Kemudian Ibunya meninggal sebelum beliou genap berusia enam tahun.
            Alloh berkhendak  untuk mendidik Muhammad dengan didikan-Nya langsung.Juga mecabutnya dari akar keluarganya  agar dia berada di bawah penguasaan-Nya langsung sebagai pembukaan untuk sebuah keluarga besar dimana Muhammad yang akan menjadi peminpinnya.
3.Di Bawah Pemeliharaan Kakenya
            Abdul Muthalib adalah salah seorang pembesar Quraisy.Dialah yang merenovasi sumur Zamzam.Kakenya memelihara Muhammad saw.hingga dia mencapai umur delapan tahun.Sepeninggal kakenya ,paman Abu Thalib memeliharanya .
4.Di Bawah Pemeliharaan  Pamannya
            Abu Thalib memeliharanya sejak umur Rosulullah delapan tahun hingga kesepulih tahun kenabian .Pamannya adalah orang yang tidak memiliki  harta yang banyak,tapi banyak anaknya.Maka,Rosulullah bekerja sebagai pengembala kambing untuk membantu meringankan beban pamannya .
            Tatkala umurnya telah mencapai delapan belas tahun,bersama pamannya beliou keluar ke syam untuk melakukan bisnis .Saat itulah beliou di lihat oleh pendeta Bahira.pendeta itu memerintahkan pamannya agar tidak membawanya ke Syam karena khawatir kepada kejahatan orang-orang Yahudi atasnya.Karena mengira bahwa keponakannya akan membawa prkara yang besar,maka  Abu Thalib membawanya pulang serta semakin ketat menjaganya.Lalu,Rasulullah melanjutkannya sebagai pengembala kambing.
B.MASA REMAJA NABI MUHAMMAD SAW
            Rasulullah ikut serta bersama dengan penduduk Mekah dalam benerapa perkara-perkara penting berikut ini.
1.     Perang Fijar
Terjadi peperangan antar Quraisy dan Qais pada bulan Haram.Rasulullah ikut serta dalam pepperangan itu pada saat umurnya sudah berumur dua puluh tahun.
2.     Kesepakatan al-Fudhul
Orang-orang Qurasyi melakukan kesepakatan bahwa tidak di dapatkan eorang pun yang di zalimi di Mekah kecuali mereka kan menolongnya.Dia juga ikut mengambil kesepakatan itu.
C.PERDAGANGAN DAN PERNIKAHAN
            Tatkala Rosulullah berumur 25 tahun,beliou berangkat ke Syam untuk melakukan perdagangan milik Khadijah.Sekembalinya dari Syam ,Khadijah memintanya untuk menikahinya tatkala dia melihat dengan mata kepala sendiri bahwa Rasulullah memiliki sifat kesatria,jujur,dan amanah.
            Maka,Rasulullah menikahi Khadijah.Khadijah adalah isrti pertama Rasulullah dan ibu dari anak-anaknya.Selain itu juga Khadijah seorang wanita pertama masuk Islam.Rasulullah tidak pernah menikah dengan seorang wanita manapun selama hidup Khadijah.Khadijah memiliki keutamaan-keutamaan yang sangat banyak .Diantaranya dia mendapatkan salam dari Alloh sebagaimana sabda Rasulullah “jibril menyuruh Rasulullah untuk menyampaikan salam dari Tuhannya dan memberinya kabar gembira dengan satu rumah di syurga yang terbuat dari kayu.”
D.PENYENDIRIAN DI GUA HIRA
             Allah menjadikan Rosulullah senang menyendiri dan tidak suka terhadap berhala-berhala  yang di puja-puja kaumnya.Maka Rasullullah pun menyendiri di Gua Hira untuk melakukan ibadah dan memikirkan tentang penciptaan alam semesta .Alloh mempertumbuhkan Rasulullah dengan perkembangan yang baik.Dengan demikian,Beliou menjadi sosok yang memiliki akhlak terbaik di tengah kaumnya .Sehingga beliou mendapatkan gelar sebagai ash-Shadiq al-Amien’Yang artinya Jujur dan Amanah.
A.Permulaan wahyu
       Wahyu yang pertama turun yaitu surat al-alaq ayat 1-5,sewaktu Rosululoh berdiam diri di Gua hira.

B.Macam-macam Wahyu dan Risalah yang bersipat Gradual
         Wahyu yang datang kepada Rosululoh ada beberapa bentuk.Ada yang lewat mimpi,ada dengan cara yang keras,melalui Jibril dalam bentuk manusia,berbunyi lonceng. Risalah melalui proses bertahap.pertama kali Allah mengajarkan padanya “iqra” kemudian diutusnya dengan (Almudadatsir: 1-2)
 C. Periode Dakwah
1). Dakwah di mekah
A.Dakwah  secara sembunyi-sembunyi
         Orang yang pertama kali beriman  dari kalangan dewasa adalah Abu Bakar,dari kalangan wanita adalah istrinya sendiri  Siti Khadijah binti Khualid. Dari kalangan anak –anak Ali bin abi  Thalib sedangkan dari kalangan budak adalah Zaid bin Haritsah. Periode ini berlangsung 3 tahun dan tempat berkumpulnya Rasululoh bersama kaum mukmin di rumah Arkam bin Abi Arqam.
B.Dakwah terbuka
         Rosululloh naik kebukit safa dan memanggil orang-orang mekah mengajak mereka untuk beriman kepada Allah dan memproklamasikan dirinya sebagai Rosul. (15 :94)
 Serangan Quraisi terhadap dakwah
         Orang-orang Quraish melihat bahwa yang di lakukan Nabi Muhammad  terjadi sesuatu yang sebelumya belum pernah mereka bayangkan. Dakwah yang dilakukan kini mulai menyebar diantara banyak level dan kalangan yang demikian terus terhadap agama itu.
Orang-orang Quraish selalu menghalangi orang-orang yang didakwahi Rasulullah.Siksaan kepada orang-orang mukmin itu semakin keras dan kejam.Rasulullah memerintahkan kepada kaumnya untuk berhijrah ke Habasyah karena disana ada seorang raja yang baik.
 Hijrah yang pertama ke Habasyah.
           Peristiwa ini terjadi pada tahun ke 5 keNabian. Mereka yang melakukan hijrah berjumlah 10 orang laki-laki dan 5 orang perempuan dipimpin oleh Usman bin Mazhun. Mereka mendapat perlakuan yang baik dan tinggal selama beberapa bulan saja kemudian kembali lagi ke Mekah tatkala mereka mendengar bahwa orang-orang Quraish masuk Islam.Namun ternyata orang-orang Quraish menyiksa mereka.
 Masuk Islamnya Hamzah Bin Abi Thalib
          Hamzah masuk Islam pada tahun ke 6 keNabian. Peristiwanya terjadi tatkala dia datang dari perjalanan dan mengetahui bahwa Abu Jahal telah mencemoohkan Muhammad.Maka dia pun datang menemui Abu Jahal dalam keadaan sangat marah dengan melukai wajah Abu Jahal dengan busur panah.

Masuk Islam nya Umar Ibnu Khatab
           Umar Bin Khatab masuk Islam nya pada tahun yang sama dengan Hamzah. Sebelumnya Rasulullah telah berdo’a. “Ya Allah muliakanlah Islam dengan salah satu dari 2 Umar yakni Umar Ibnu Khatab dan Umar Bin Hisyam. Dengan demikian keIslaman Umar menjadi suatu tanda kemenangan Islam.
 Permintaan mukjizat dari kaumnya
           Orang-orang kafir meminta kepada Nabi Muhammad untuk mendatangkan mukjizat dan tanda keNabian.Setelah itu tetap saja dalam keadaan membantahnya.
 Bani Hasyim diblokade dipemukiman Abi Thalib
           Bani Hasyim berkumpul untuk memberikan bantuan dan pertolongaan kepada Muhammad SAW.Maka orang Quraish memutuskan untuk mengisolir mereka.Tidak ada transaksi dengan mereka selama 3 tahun hingga mereka mengalami penderitaan yang sangat, bahkan mereka sampai makan dedaunan.

 Hijrah yang kedua ke Habasyah serta masuk Islam nya Najasi
             Rasulullah memerintahkan kaum muslim untuk hijrah ke Habasyah dipimpin oleh Ja’far Bin Abi Thalib. Yang hijrah sebanyak 83 laki-laki dan 19 wanita. Dan untuk menyampaikan surat dari Rasulullah kepada Najasi yang isinya ajakan kepada masuk Islam.
              Orang-orang Quraish segera mengirimkan surat, hadiah dan utusannya kepada Najasi untuk memintanya supaya mengembalikan orang-orang Islam. Namun, Najasi meminta kaum muslimin untuk melakukan pembelaan diri dan dia dengan seksama mendengarkannya.Maka yakinlah dia bahwa kaum muslimin berada di jalan yang benar.Lalu Najasi menolak permintaan orang-orang Quraish.
 Rasulullah menuju Thaif
            Rasulullah pergi ke Thaif untuk mengajak penduduknya supaya beriman dan agar dapat memberi tempat untuk basis perlindungan kepada agama Islam. Namun apa yang didapatkan dari masyarakat ini hanya perlawanan dengan sangat keras sehingga kedua kaki beliau berdarah.
Jin beriman kepada Nabi Muhammad
           Tatkala Rosululloh di Natdah (tempat antara Talif dan Mekah),beliau bangun di tengah malam dan melakukan shalat malam.Saat itulah lewat sekelompok jin dan mendengarkan bacaan  yang Rosululloh baca.Setelah Rosululoh melakukan solat,maka mereka kembali pada kaumnya saat mereka telah beriman kepada Muhamad dan mengikuti apa yang mereka dengar .Dan Allah menurunkan surah jin.

Peristiwa isra mi’raj
          Nabi Muhammad di perjalankan oleh Allah dari baitul maqdis dengan mengendarai burung di temani Jibril ke sidrotul muntaha.Rosululloh bersama para Nabi melakukan solat dan menjadi imam.Allah bercakap-cakap dengan beliau dan Allah memerintahkan solat kepada kaumnya (17:1,53:1,1:1-18)
Mempergunakan waktu perayaan
          Rasulullah pesimis dengan keimanan orang-orang Quraish.Maka, mulailah beliau pergi ketempat keramaian yang diadakan di pasar-pasar.Beliau tampil dan menawarkan dakwahan nya kepada kabilah-kagilah.Beliau mengajak mereka untuk beriman kepada Allah dan untuk menolong agama Allah.
Beliau juga berdakwah secara aktif pada musim haji.Sedangkan orang-orang quraish itu mengingatkan agar berhati-hati terhadap dakwah yang dibawa oleh Rasulullah.
 Baiat Aqabah 1
          Orang-orang Aus dan Khazroj mendengar dari orang Yahudi tentang kedatangan seorang Nabi pada zaman itu.tatkala mereka melihat Rasulullah di musim haji. Mereka tahu bahwa orang yang dimaksud orang Yahudi adalah Rasulullah lalu 6 orang pemuda Khazraj bertemu dengan Rasulullah dan mereka masuk Islam.
             Setahun setelah itu datang 12 orang laki-laki dan seorang wanita menemui Rasulullah. Maka Rasulullah mengutus Mush’ab Bin Umair untuk mengajarkan Islam dan Al-Qur’an kpd mereka.
 Baiat Aqabah 2 dan Hijrah kaum muslimin ke Madinah
            Orang-orang Madinah menemui Rasulullah dan dia berkata “ aku membaiat kalian dengan syarat kalian mencegah dengan perlakuan kasar yang akan ditimpakan oleh kaummu sebagaimana kalian mencegah perbuatan kasar itu atas istri-istrimu. Kalian akan mendapatkan surga sebagai balasannya.” Maka semua berbaiat kepada Rasulullah dan mengajak hijrah ke Madinah.Baiat Aqabah dua ini diikuti oleh sebanyak 73 laki-laki dan 2 wanita.
 Faktor-faktor yang membantu masuknya Islam ke Madinah.
          Orang-orang Arab Madinah adalah orang yang paling dekat dengan agama samawi karena mereka banyak mendengar dan berdekatan dengan orang-orang Yahudi.
orang-orang Yahudi Madinah seiring mengancam orang-orang Arab tentang akan semakin dekatnya kemunculan seorang Nabi.
 orang-orang Arab Madinah berada dalam permusuhan yang akut.
Jihad Fii Sabilillah
           Tidak ada suatu ayat pun dalam alqur’an atau suatu peristiwa yang terjadi di awal sejarah Islam yang menunjukan bahwa Islam disebarkan dengan kekuatan dan kekerasan. Peperangan semua hanya berkisar pada usaha melakukan tindakan depensive dan perlindungan diri dari serangan dan permusuhan.
Tahapan jihad
           Pada awalnya Allah telah memerintahkan untuk menahan diri dan tidak melawan kepada kaum musyrikin. Tatkala posisi kaum muslimin telah kuat, Allah mengijinkan mereka untuk berjihad ( 22:39, 2:190)
Pasukan pertama dalam Islam
          30 orang pasukan muhajirin yang dipimpin oleh Hamzah.Mereka menghadang rombongan orang-orang Quraish, namun mereka tidak sama sekali terlibat perang. Kemudian diutuslah pasukan kecil dibawah pimpinan Ibnu Jarrah .

A.Peperangan pada tahun 2 Hijriyah 1623 Masehi.
            Pada tahun ini terjadi peperangan Abawa,Buth,Wadan,dan Asyirah untuk menghadang kafilah Quraisy.Namun semuanya tidak terjadi peerangan tersebut.Sebagian sahabat tinggal di tempat menunggu kafilah Abu Sufyan yang berjumlah besar yang sedang melakukan perjalanan pulang dari Syam.
Abdullah Bin Jahsy Menjadi utusan
Rasulullah mengutus 18 orang muhajirin ke Nakhlah antara mekah da Thaif.Menunggu kafilah orang-orang Quraisy,Kafilah itu melintasi kaum Muhajirin mampu membunuh pimpinannya Amr Unul-Hadhrani dan menawan dua orang lainnya.Peristiwa ini merupakan pembunuhan dan penawanan pertama dalam Islam.
Ø  Perang Badar Kubra ( 17 Ramadan 2 H/623 M)
1.Penyebab Pertempuran                                 
                Anggapan orang-orang Quraisy kepada Nabi Muhamad dan pengikutnya,Bahwa mereka takut Agama Nabi Muhammad menjadi ancaman terhadap keagamaan mereka (paganistik) dan juga sangat mempengaruhi bangkit dan runtuhnya perdagangan antara Mekah dan Syam.Rosulullah membawa pasukan 314 kaum muhajirin dan orang Quraisy 950 orang pasukan Rasulullah meminta pertolongan kepada Allah Swt. (Ali imran ayat 125)
          2.Kecamuk perang dan hasilnya
                 Berkecamukan perang itu yang dimulai dengan perang tanding satu melawan satu.Allah menurunkan malaikatnya yang bertempur  bersama-sama kaum mukmin.Dan perang Badar kaum Mukminin.Dan dari pemuka  Quraisy terbunuh yaitu Abu Jahal,Umayah Bin Khalaf,Utbah,Syaibah Bin Robiah dan Wahid Bin Utbah.Pada pertempuran ini orang Quraisy terbunuh 70 orang dan yang tertawan 70 orang dan yang terpihak kaum mu’minin ada 14 orang yang mati syahid.
            Kemudian Rasulullah membagikan hasil rampasan perang diantara kaum mukminin,sedangkan kaum mukminin.Sedangkan mengenai para tawanan ,Umar Bin Khatab menasehati agar semua tawanan itu di bunuh saja .Abu Bakar berpendapat lain yaitu dengan membayar zizidyah .Sehingga Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad (al-anfal ayat 47).
>Munculnya orang-orang Munafik
  Orang-orang munafik munculnya setelah perang Badar.Peminpinnya adalah Abdullah Bin Ubay Salul.
Perang Bani Qainuqa
      Bani Qainuka adalah orang-orang yahudi madinah,mereka telah mengingkari kesepakatan yang terjadi antara kaum muslimin.Maka kaum muslimin segera member peringatan kepada orang-orang yahudi.
 1.Peristiwa-Peristiwa Tahun 2 Hijriyah
             >Di syariatkannya adzan
             >Di syariatkannya Puasa dan Zakat
             >Di Syariatkannya Perpindahan Kiblat dari Masjidil Aqso ke Masjidil  
               Haram.(2:144,2145).

B.Peristiwa-peristiwa DI Tahun 3 Hijriyah
     1. Perang Uhud pada Bulan Syawal Tahun 3 Hijriyah
             Sebab terjadi perang ini adanya keinginan orang-orang Quraisy untuk membalas dendam kepada kaum muslim atas kesalahan yang mereka derita pada saat perang Badar kubra,saat itulah Abu Sufyan bersama 300 pasukannya berangkat dan menetap di gunung Uhud.Mendengar keberangkatan pasukan Quraisy, Rosulullah segera melakukan konsultasi kepada sahabat-sahabatnya.
              Kemudian Rosulullah menempatkan pasukan di gunung Uhud,di sebelah utara kota madinah,dan menjadikan gunung itu di belakang pasukannya.Kemudian beliau menempatkan  50 pasukan pemanah di bawah pimpinan Abdullah ibnu Zubair  dan memerintahkan  kepada mereka agar tidak turun gunung.Rasululah mengatur pasukannya dan menyerahkan panji Islam kepada Mush’ab bin Umair.
            Sahabat-sahabat Rasulullah berperang dengan penuh semangat.Abu Dujanah,Thalhah,Hamzah,dan Ali mengamuk  laksana singa lapar di medan perang demikian pula dengan yang lainnya.Namun,ternyata banyak para  pemanah Rasulullah tempatkan diatas bukit Uhud itu turun untuk mengambil rampasan perang.Mereka mengingkari perintah Rasulullah.
           Melihat bukit sudah di tinggalkan,maka Walid bin Khalid (yang saat itu belum masuk Islam)segera mengambil jalan memutar dan menaiki bukit itu bersama pasukan keduanya,sehingga terjadilah sebuah peristiwa yang sangat mengejutkan pada saat itu kaum muslimin kucar-kacir dan berantakan di porak-poranda oleh orang kafir.
           Perang Uhud menjadi hari yang penuh dengan ujian dan sekaligus seleksi,disana Allah telah menguji kaum mukmin dan menyingkap siapa saja orang munafik di antara mereka.Allah memberikan kehormatan bagi siapa saja yang menginginkan mati syahid.
           Gambaran mengenai perang uhud Allah turunkan di dalam surah Ali imran ayat 139-140.
2) Renungan Tentang Perang Uhud
           Sesungguhnya kekalahan kaum muslimin di perang Uhud ini telah memunculkan sifat-sifat yang utama diantara mereka,misalnya kekokohan dan keteguhan pendirian,pengorbanan,keinginan yang kuat,keimanan dan kesatria.
3) Perang Hamrah
          Setelah perang uhud Rosulullah bersama-sama dengan pasukannya yang ikut serta dalam peperangan uhud keluar ke tempat Hamra al-Asad(sekitar 13 km dari madinah),ini dimaksudkan untuk member I gambaran kepada orang-orang yang yahudi bahwa kondisi mereka saat ini sangatlah kuat.Aksi ini membuat orang-orang Quraisy ketakutan dan mereka kembali kemadinah.Sebelumnya mereka kembali ke mekah.
     1.Peristiwa Raji’
           Rosulullah mengirimkan enam orang sahabatnya yang dipimpin oleh Murtasid al-Ghanawi untuk menemui orang-orang Badui  karena sebelumnya mereka meminta kepada Nabi Saw.Tatkala keenam sahabat itu sampai di sebuah tempat di dekat mekah,orang-orang Badui itu mengingkari janji dan melakukan kejahatan dengan membunuh empat dari enam sahabat Rasulullah dan menjual dua lainnya di mekah.Mereka adalah Zaid dan Khubaib.
    2.Peristiwa sumur ma’unah
            Rasulullah mengirimkan 40 orang sahabatnya  di bawah pimpinan al-mudzair bin Amr  kepada penduduk najd dengan tujuan untuk  menganjurkan kepada mereka .Tatkala mereka berhenti di sumur ma’unah (tempat di sebelah tenggara madinah),mereka di serang dan dibunuh hingga semuanya meninggal menjadi syuhada.
3.Pengusiran Orang-orang Yahudi Bani Nadhir
       Orang-orang Yahudi Bani Nadhir mengingkari kesepakatan dan berupaya untuk membunuh Rosulullah.Maka Rosulullah mengepung mereka hingga  mereka menyerah lalu Rosulullah mengusir mereka dari kota Madinah tanpa membwa senjata.
4.Perang Dzatur Riqa
        Pada tahun ini Rosululloh keluar menuju Ghathafan di Najd pada saat itu ingin menggempur Madinah.Namun tidak terjadi peperangan di antara keduanya.Rosululloh melakukan itu sebagai usaha untuk menunjukan kekuatan kaum muslimin kepada orang-orang Badui.
5.Perang Bani Asad
          Bani Asad ingin menggempur Madinah.Mereka di pimpin oleh Thulaihan bin Khualid.Maka,Rosululloh mengirim ekspedisi kepada mereka,akhirnya mereka lari dan kaum muslimin berhasil mendapatkan harta rampasan.
6.pelajaran untuk orang-orang Hudzail
           Khalid al-Hudzali mengumpulkan sejumlah pasukan  untuk menyerang madinah.Maka Rosululluh segera mengirim utusan untuk membunuhnya.Akhirnya dia terbunuh dan pasukannya bubar serta berakhir pula kekuasaannya.
7.Perang Badar Terakhir
           Abu Supyan bersama dengan 3000 pasukannya berangkat,sesuai dengan janji sebelumnya.Rosulullah berangkat dengan pasukan Islam yang berjumlah 1500.Orang-orang Quraisy ketakutan melihat jumlah pasukan Islam dan mereka kembali kemekah.Pasukan ini adalah pasukan yang menentang pasukan Islam.
8.Perang Daumatul Jandal
           Rosulullah menyerang mereka sebagai pelajaran.Mereka lari dan meninggalkan harta benda mereka dan kemudian menjadi harta rampasan kaum muslimin.
M. PERISTIWA-PERISTIWA DI TAHUN 5 HIJRIYAH
    1.Perang al-murasysi(Bani al-mushtaliq)
            Bani musthaliq berencana  untuk menyerang madinah. Maka,Rosulullah menikah dengan juwariyah binti Alharits pimpinan Bani Musthaliq,mereka berkata,”Mereka kini menjadi keluarga Rosulullah”.Setelah perang ini terjadi peristiwa ifk (Fitnah) dimana Aisyah di tuduh melakukan yang tidak senonoh.Allah menurunkan firmannya tentang kebohongan tuduhan ini.
2.Perang Khandaq Tahun 5 H/1626M.
           Pada saat itu terjadilah persekongkolan beberapa kaum untuk menghancurkan Islam dan kaum muslimin.Orang-orang Quraisy,Ghatafan dan ahzab berangkat menuju madinah dengan jumlah lebih dari 10.000 orang,keberangkatan mereka ini di dorong oleh orang-orang sahabatnya,Salman al-Farisi mengusulkan kepada Rosulullah untuk menggali parit di sekitar Madinah dengan tujuan untuk melindungi serangan dari musuh,kaum muslimin saat itu berjumlah 3000.
           Pengepungan Madinah selama satu bulan saat itu orang-orang Bani Qhuraizhah melanggar janji dan bergabung dengan pasukan tersebut.Pada saat itu salah seorang dari mereka telah masuk Islam,ia adalah Nu’aim Bin Mas’ud al-Ghathafani dia sepakat dengan Rosululloh untuk memecah belah dengan pasukan itu.
           Maka diapun berhasil memecah belah Bani Quraizhah,Quraisy dan Ghathafan dengan menjelaskan pada setiap pasukan adalah musuh bagi pasukan yang lainnya.Akhirnya terpecah dan Allah mengirimkan tentaranya kepada mereka berupa angin kencang yang menerbangkan kemah-kemah dan priuk-priuk mereka(33:9)
3.Perang Bani Quraizhah
             Bani Qurazhah mengingkari dan berkhianat mereka bergabung dengan Quraisy.Rosululloh mengepung mereka hingga mereka menyerah.Rosululloh menjadikan Sa’ad bin Mu’adz untuk mengadili mereka.Maka Sa’ad memutuskan agar kaum laki-laki mereka di bunuh.Sedangkan kaum perempuan dan anak-anak di tawan.Putusan ini sesuai dengan tingkat kejahatan yang mereka lakukan.Rosululloh bersabda ”sesungguhnya engkau telah memutuskan terhadap mereka sebuah keputusan yang sesuai dengan hukum Allah yang datang dari atas langit tujuh.”           
Peristiwa-peristiwa pada Tahun 6 H/627 m
    A.Perjanjian Hudaibiyah dan Baiatur Ridwan
            Rosululloh bersama dengan 1500 sahabatnya berangkat untuk melakukan ibadah umroh.beliau berhenti di Hudaibiyah.Orang-orang Quraisy merasa ketakutan,Rosululloh mengutus Utsman bin Affan untuk mengabarkan kepada mereka tentang maksud kedatangannya lalu tersebar berita bahwa Utsman bin Affan di bunuh.Maka Rosululloh memanggil sahabat-sahabatnya untuk menyatakan sumpah setia yang saat itu berada di bawah pohon sajaroh.Rosululloh mengambil sumpah dari mereka supaya tidak melarikan diri dari medan perang.Setelah itu Utsman datang.
          Rosululloh melakukan kesepakatan damai dengan orang-orang Quraisy gencatan senjata selama 10 tahun.Diantara klausul perjanjian itu adalah bahwa siapa saja dari kalangan Quraisy yang datang kepada Muhammad,maka hendaknya di kembalikan kepada kaum Quraisy dan sebaliknya,jika ada salah seorang dari pihak Rosululloh yang datang kepada kaum Quraisy maka dia tidak akan di kembalikan kepada Muhammad.
>Diantara keuntungan dari perjanjian itu adalah
1.Orang-orang Quraisy mengakui eksistensi kaum muslimin.
2.membuka peluang bagi kaum muslimin untuk memberikan dakwah.
3.Banyaknya orang-orang yang berbondong-bondong masuk Islam setelah perjanjian itu.
4.membuka peluang bagi kaum muslimin untuk konsentrasi melawan orang-orang Yahudi
5.Klausul yang mensyariatkan masuk Islam dari Quraisy hendaknya di kembalikan dan sebaliknya orang Quraisy tidak di kembalikan.Kaum muslimin yang datang kepada mereka.
>Ajakan kepada para Raja dan Penguasa untuk masuk Islam
         Rosulullah segera menulis surat dan mengutus dengan beberapa utusan membawa surat-surat itu.Mereka yang di kirim surat adalah
1.Heraklius (kaisar Romawi) dan muqauqis (penguasa mesir)
2. Mundzir Bin Sawi Penguasa Bahrain,Najasyi Raja Habsyah,Harits al-Himyari penguasa yaman. Serta dua raja Yaman Jaifar dan Iyad anak Jalandi,mereka semua masuk Islam
3. Harits bin Abi Syamr raja Ghasasanah di Syam.Dia telah membunuh utusan Rosullullah,melecehkan kaum muslilmin dan mengancam akan menyerang kota madinah.
4.Kisra kaisar Persia.Dia sangat marah adanya surat itu dan menyobeknya.Rosulullah kemudian berdo’a kepada Allah semoga menghancurkan kerajaannya dan do’a Rosulpun terkabulkan
>Peristiwa Tahun 7 H
1.Perang khaibar
          Khaibar (Sebuah kawasan di madinah) adalah salah satu benteng terkuat yang di miliki orang-orang yahudi dan merupakan tempat yang paling berbahaya mengancam Madinah.
           Orang yahudi khaibar telah bersiap-siap untuk menyerang Madinah.Rosulullah datang kepada mereka dan mengepungnya hingga mereka menyerah
             Di tahun ini juga Rosullullah di hadiahi oleh wanita yahudi yaitu Zainab binti Harits masakan dari domba yang telah di campuri oleh racun.Namun Rosullullah sudah tahu maka makanan itu di makan oleh Basyir bin Ba’ra dan dia pun mati.

 >Peristiwa tahun 8 H
1.Khalid bin Walid dan Amr bin Ash masuk Islam
        Keduanya datang  menemui Rasulullah di Madinah Mereka berdua di temani oleh Utsman bin Thalhah.Mereka bertiga masuk islam di hadapan Rosulullah.Rosulullah sangat suka cita dengan masuk islamnya mereka.Mereka berdua nantinya menjadi peminpin perang yang sangat terkenal.         
2.Perang Mut’ah
       Sebab terjadinya perang mu’tah adalah karena orang-orang Ghasasanah (para antek romawi di Syam) membunuh dai-dai kaum muslimin yang datang ke Syam.mereka membunuh Harist bin Umair adalah salah seorang utusan Rosulullah yang di utus kepada mereka.Pada saat yang sama raja mereka yang bernama Harist al-Ghasani mengancam akan melakukan penyerangan ke kota Madinah.Peristiwa ini mendorong Rosulullah untuk memberikan gambaran kepada orang-orang Romawi dan kaki tangannya tentang kekuatan Islam yang sebenarnya.
3.Perang Dzatul Salasil
        Orang-orang Romawi merasakan ketakutan dengan kekuatan kaum muslimin.Mereka ingin memusnahkan kaum muslimin di kandangnya sendiri.Maka,mereka menugaskan sekutunya Qadha’ah untuk melakukan oprasi.
        Rosulullah mengirimkan 300 pasukan di bawah pimpinan ‘Amr bin Ash yang di ikuti oleh para sahabatnya senior Rasulullah.Kemudian Rasulullah manambah pasukan ini dengan 200 orang di bawah pimpinan Abu Ubaidah bin Jarrah.Maka,terlibatlah kedua pasukan dalam peperangan.Qadha’ah lari tunggang langgang walaupun sebenarnya jumlah mereka demikian banyak dan mendapat bantuan dari orang-orang Romawi.
>Peristiwa Tahun 9 H
1. Perang Tabuk
         Perang ini terjadi karena Rasulullah mendengar bahwa orang-orang Romawi mengumpulkan pasukannya dalam jumlah yang sangat besar untuk menyerang Madinah dengan maksud untuk menghabisi islam dan kaum muslimin.Pasukan islam di sebut dengan Jaisy ‘Usrah  “pasukan sulit” karena saat itu tanah kering dan udara sangat panas .Sampai-sampai kaum munafikin menyatakan dengan terang-terangan kemunafikan mereka dan mereka juga tidak berangkat dengan pasukan Islam.
        Lalu,berangkatlah Rasulullah ke Tabuk.Jumlah pasukan islam pada saat itu berjumlah sekitar tiga puluh.,empat puluh ataupun tujuh puluh ribu pasukan.Namun,mereka tidak mendapatkan  jejak orang-orang Romawi yang sangat ketakutan..Rupanya pasukan Romawi mundur terbirit-birit masuk ke dalam negri mereka sendiri.Rasulullah menampatkan pasukannya di Tambuk dimana beliou berhhasil menghardik musuh.Perang ini merupakan perang terakhir yang di pimpin langsung oleh Rasulullah.   
2.Delegasi orang-orang Arab (Aam Wafud)
         Alloh berfirman,
 ‘’Apabila telah dating pertolongan Alloh dan kemenangan,dan kamu melihat manusia masuk agama Alloh dengan berbondong-bondong,maka bertasbilah dengan memuji nama Tuhanmu dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha penerima tobat. (an-Nashr: 1-3).
        Setelah orang-orang Quraisy masuk islam,dan mereka adalah pimpina semua kabilah,mereka semua kabilah-kabilah masuk islam.Mereka segera mengutus deglegasinya kepada Rosulullah untuk menyatakan keislaman mereka.Tahun ini di sebut dengan “Tahun deglagasi” (‘Aam Wufud).
         Demikianlah dakwah Islam semakin menyebar ke seluruh Jazirah Arab.Alangkah senangnya Rasulullah ketika melihat benih yang beliou tanam,kini mulai berbuah dan agama Alloh menyebar lewat tangannya.

3.Haji pada tahun 9 H
          Pada tahun ini Rasulullah mengutus Abu Bakar untuk meminpin rombongan haji.Saat itu Alloh menurunkan surah at-Taubah tentang pembatalan perjanjin antara Rasulullah dan orang-orang Quraisy.Maka,Rasulullah mengumunkan bahwa tidak ada lagi seorang musyrik pun yang boleh melakukan ibah haji.Barangsiapa yang masih terikat dengan janji dengan Rasulullah,maka perjanjian itu berlaku hingga waktu yang telah di tentukan.
>Peristiwa pada tahun 10 H
1. Hujjatul Wada’
           Rasulullah bersama- sama dengan kaum muslimin melakukan ibadah haji pada tahun ini,dan ini merupakan satu-satunya ibadah haji yang di lakukan oleh Rosulullah .Pada saat itu Rasulullah berangkat bersama sekitar 100.000 kaum muslimin yang akan meelakukan ibadah haji.Rasulullah mengajarkan kepada kaum muslimin tentang bagaimana melakukan ibadah haji dan ritual-ritual haji.Rasulullah bersabda,”Ambilah dariku semua manassik-manasik haji ,sebab kemungkinan setelah ini kalian tidak ajan berjumpa kembali denganku.”
        Pada saat itu Rosululloh menyampaikan khutbahnya yang menerangkan di dalamnya manhaj kaum muslimin.Di antara khutbahnya,”sesungguhnya darah kalian,harta kalian,dan kehormatan kalian haram atas kalian hingga kalian menemui tuhan kalian…sesungguhnya aku telah meninggalkan sesuatu dimana jika kalian berpegang teguh dengannya,maka kalian tidak akan sesat untuk selamanya:Kitab Alloh dan sunnahku….Wahai manusia,sesungguhnya Tuhan kalian adalah Esa,ayah kalian juga satu,kalian berasal dari Adam,dan Adam berasa;l dari debu.Sesungguhnya orang yang paling baik dari pandangan Alloh adalah orang yang bertakwa di antara kalian.Tidak ada keutamaan orang Arab atas orang non Arab kecuali dengan taqwa.”
Setelah menunaikan ibadah haji ini Rosululloh kembali ke Madinah dan mulai sakit menjelang wafatnya.
Mitsaqnya Nabi Muhammad: 40 tahun d gua hira [ Qs.al-alaq ayat 1]
Amanu : { Qs. 26: 214}
Hajaru : { 8:26,4:7}
Jahadu : { 22:3,2;10}


                   





KARYA TULIS ILMIAH
KIAH NABI MUHAMMAD SAW







                                                                            


                                                                                      OLEH : UCU NURJANAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar